Selasa, 07 Februari 2017

Definisi Airsoft Gun

Kata "Airsoft Gun" berasal dari bahasa Inggris yang artinya Senapan Angin (Soft) Lembut/Halus. Makna kata halus disini berarti tidak berbahaya, tidak melukai, dan tidak merusak. Dalam penggunaannya, Airsoft Gun termasuk ke dalam kategori Mainan (Bukan Senjata). Mainan airsoft atau airsoft gun bisasanya memiliki tampilan fisik berupa replika dari senjata api, namun jika dilihat dari mekanismenya, airsoft gun tidak sama dengan senjata api. Airsoft Gun menggunakan Amunisi berupa BB Bullet 6mm material plastik (bukan metal). 
Airsoft Gun dibagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan tenaga penggeraknya, yakni: 

1 Jenis Spring (per/ pegas),
Airsoft Gun Spring adalah jenis Airsoft yang menggunakan tenaga pegas sebagai penggeraknya, pengguna harus mengokang terlebih dahulu setiap kali mau menembak (satu kali kokang = satu kali tembak). Mekanismenya, kokangan ditarik, maka kemudian piston menyantol di searset, dan ketika triger ditekan, piston tersebut menghasilkan tenaga angin yang memompa BB Bullet keluar dari Inbar.

2. Jenis Elektrik, 
Pada jenis elektrik, menggunakan motor / dinamo elektrik yang dijalankan dengan tenaga baterai yang menggerakkan pinion. Lalu pinion tersebut menggerakan gearset yang menggerakkan piston sehinga per tertarik. Lalu ketika telah sampai di ujung gigi piston, per akan mendorong piston sehingga akan menyebabkan tekanan angin yang mendorong BB.

3. Jenis Gas
Pada jenis gas, dioperasikan dengan menggunakan gas tekanan tinggi, yang biasanya berupa campuran propana dan polysiloxane biasanya disebut green gas dan ada juga green gas yang berkekuatan lebih tinggi daripada green gas atau setara dengan CO2.


Amunisi (Peluru) Airsoft Gun

Didalam dunia hobi Airsoft Gun, sangat tidak diperkenankan menggunakan istilah Peluru, istilah tersebut diganti dengan kata BB (Ball Bearing), berbahan plastik padat yang berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0.18 gram, 0.20 gram, 0.25 gram, 0.28 gram, 0.30 gram, 0.36gr, 0.40gr. Ada pula BB 6mm tersebut yang  mencapai berat 0.80 gram, BB jenis ini tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena terbuat dari besi atau kaca atau gotri. Peluru atau BB's airsoft yang boleh dipakai hanyalah yang berukuran 6mm dan terbuat dari plastik sehingga membuat airsoft aman (tidak berbahaya).


Istilah Jenis dan Kategori Airsoft Gun
Jika diurai satu-persatu berdasarkan jenis dan kategori, Maka Airsoft Gun terbagi menjadi 9 varian, yakni SPRING, EBB, LPEG, AEP, AEG, EBBR, GBB, GNBB, GBBR, berikut uraiannya:

1. SPRING
Jenis spring adalah jenis Airsoft 1x kokang 1x tembak. Istilah spring berlaku untuk semua jenis Airsoft Gun Spring berbagai type yang terdiri dari Handgun, SMG, Shotgun, Rifle, Machine Gun, dan Sniper.

2. EBB
EBB adalah singkatan dari Electric Blow Back. Istilah ini dipakai untuk Handgun Elektrik yang memiliki efek blowback pada slide. Airsoft ini memiliki material gearbox plastik, dan menggunakan tenaga penggerak berupa baterai alkaline

3.LPEG
LPEG adalah singkatan dari Low Power Electric Gun. Istilah ini dipakai untuk Airsoft Elektrik laras panjang yang memiliki material gearbox plastik, dan menggunakan baterai ni-cd sebagai tenaga penggeraknya. Bentuk fisik LPEG biasanya berupa SMG (Sub Machine Gun), dan Rifle, atau ada pula yang berbentuk Rifle tapi dengan skala yang lebih kecil dari aslinya.

4.AEP
AEP adalah singkatan dari Automatic Electric Pistol. Istilah ini dipakai untuk Handgun Elektrik yang memiliki material gearbox metal, dan menggunakan tenaga penggerak berupa baterai Li-po. Airsoft jenis ini biasanya tidak memiliki efek blowback pada slide.
 
5.AEG
AEG adalah singkatan dari Automatic Electric Gun,  Istilah ini dipakai untuk Airsoft Elektrik laras panjang yang memiliki material gearbox metal, dan menggunakan baterai Li-po sebagai tenaga penggeraknya.

6.EBBR
EBBR adalah singkatan dari Electric Blow Back Rifle. Mekanisme dan tenaga penggeraknya sama dengan AEG, namun memiliki efek Blow Back / Recoil.
 
7.GBB
GBB adalah singkatan dari Gas Blow Back. Istilah ini dipakai untuk Handgun Gas yang memiliki efek blowback pada slide. Airsoft ini menggunakan tenaga penggerak berupa Green Gas atau CO2. Dan untuk material body (frame), ada yang body metal dan ada juga yang ABS.
 
8.GNBB
GNBB adalah singkatan dari Gas Non Blow Back. Istilah ini dipakai untuk Airsoft Gas yang tidak memiliki efek blowback pada slide. Airsoft ini menggunakan tenaga penggerak berupa Green Gas atau CO2. Biasanya jenis GNBB ini berbentuk handgun Compact (ukuran kecil/mini), atau bentuk Revolver. Namun ada pula yang berbentuk laras panjang, seperti Sniper atau Shotgun.

8. GBBR
GBBR adalah singkatan dari Gas Blow Back Rifle. Istilah ini dipakai untuk Airsoft Rifle Gas yang memiliki efek blowback. Airsoft ini menggunakan tenaga penggerak berupa Green Gas atau CO2.


Budayakan Membaca sebelum Bertanya,
Pertanyaan yang diajukan pembeli biasanya jawabannya sudah ada di blog,
(Stock, harga, spesifikasi, cara pembelian, Foto-foto, dan lain sebagainya)
semua tinggal dibaca, dan dilihat-lihat
 
Silahkan baca-baca semua halaman dengan sangat-sangat seksama
agar terjalin komunikasi yang klop.
 
Kondisi, Syarat & Ketentuan, 
Gudang F24 Airsoft
Bukti Pengiriman
Definisi Airsoft Gun
 Penggunaan Airsoft Gun


Katalog Produk:
Handgun / Pistol
SMG (Sub Machine Gun)
Asault Rifle
Shotgun
Sniper
BB Bullet
Safety Equipment
Grip & Rail
Mounting & Bipod
Telescope & Red Dot
Pisir
Hardcase / Koper
Tali Sling
Part, Aksesoris,dll
 
CARA PEMBELIAN,
KLIK ICON DIBAWAH INI
 

F24Airsoft
Jl.Cihanjuang, Cimahi Utara - Jawa Barat.
Hp: 085624013731 (Fauzi Aziz)